Cara Membuat Tumpeng Yang Sederhana Dan Mudah

Membuat tumpeng sendiri? Apakah Bisa? Sepertinya kok repot sekali! Haaa, nyatanya buat tumpeng itu tidak sesusah yang dipikir loh. Serta sangat benar-benar menyenangkan! Tetapi Jika tidak ingin repot bisa langsung pesan ke Nasi Tumpeng Jakarta Timur, Nah... artikel kali ini kita akan menguraikan step-by-step membuat tumpeng, yang beneran tidak sulit itu.


Arti Tumpeng Yaah, komplet sangat pakai arti tumpeng semua! Eeh, ngeyeellll.. kan kudu meresapi dwonk, ngapain sich kita buat tumpeng? Apa sich maknanya? Agar saat membuatnya sekalian berbunga-bungaaa, huahaha.. Tumpeng serta maknanya : Kerucut Yang Penuh Makna

  1. Nasi Tumpeng Kuning 
  2. Ayam Goreng Ungkep 
  3. Kering Tempe 
  4. Perkedel Kentang Panir 
  5. Sambal Goreng Ati 
  6. Tahu / Tempe Bacem 
  7. Telur Balado 
  8. Telur Dadar Rawis 
  9. Urap Sayur 

Contoh yang diberi dalam artikel ini ialah tumpeng untuk kira-kira 20 orang. Jika diharapkan untuk 100 orang, silakan click link ini : Memasak Untuk 100 Orang

Posisi Masak & Persiapan Jika ingin dirunut, posisi masaknya seperti berikut :

Ungkep ayam, goreng mendekati diatur.

Rebus hati sapi serta garam, tiriskan, sisihkan. Goreng kentang dadu, sisihkan. Masak mendekati diatur ( tinggal diaduk denganbumbu sambel goreng, kapri masukan terakhir ) .

Buat telur dadar, rawis, sisihkan.

Bulatkan perkedel, dapat satu hari awalnya. Goreng mendekati diatur.

Buat kering tempe satu hari awalnya, taruh dalam toples.

Buat tahu bacem, dapat satu hari awalnya, taruh dalam kulkas, goreng mendekati diatur.

Masak nasi kuning, bertepatan dengan menggoreng lauk pauk di atas.

Paling akhir ialah membuat urap. Aduk sayur serta bumbu urap mendekati diatur.

Tampah serta hiasan yang lain bisa disediakan malam hari, jika tumpeng untuk mengonsumsi makan siang. Hingga saat nasi tumpeng telah masak, tampah juga telah siap. Serta saat lauk pauk telah tersusun rapi, hiasan telah mekar semua. Anda tinggal mendekornya agar tumpeng tampil cantik serta fresh.

Mempersiapkan Tampah & Hiasan Naaaah, ini “the best part”nya! Yuk, yuk, kita mulai..

Alat : Tampah Styrofoam seukuran tampah Tusuk gigi Gunting Pisau biasa Pisau Ukir meliuk

Bahan hiasan : Daun pisang, membersihkan lantas layukan sesaat di atas kompor Kacang panjang Ketimun / Kyuri  ( ketimun jepang ) / Zucchini Bokcoy Cabe merah besar

Mempersiapkan Tampah Click pada gambar untuk penampilan semakin besar

1. Ukur tampah yang akan digunakan. Potong styrofoam seukuran tampah, lantas tempatkan di atas tampah. Styrofoam ini bisa menjadi base / alas tumpeng serta bermacam hiasannya. 2. Awalilah mengalasi styrofoam dengan daun pisang sampai tertutup prima. Kuatkan sambungannya dengan tusuk gigi.

3. Gunting kelebihan daun pisang di selama bagian tampah, atur.

4. Sediakan potongan-potongan daun pisang, kira-kira seukuran telapak tangan. Bentuk kerucut yang rapi, lantas kuatkan dengan stapler, hingga membuat segitiga. Bagian-bagian segitiga tak perlu didesak sampai terlipat. Biarlah cukup menggembung agar kelihatan cantik serta lebih memiliki volume. Buat segitiga-segitiga yang sama besarnya, dengan memakai sebuah segitiga jadi dasar ukuran.

5. Sisipkan segitiga-segitiga itu ke balik alas daun pisang, lantas kuatkan dengan tusuk gigi. Biarlah tersisa tusuk gigi mencolok, untuk tempat menusukkan pagar kacang panjang. Upayakan jarak antar tusuk gigi sama lebarnya. Sesudah tusuk gigi terpasang di sekitar tampah, tusuk gigi yang meredam daun dibagian tengah dapat dicabut.

6. Gunting beberapa kacang panjang kira-kira selama tusuk gigi, lantas masukan ke tusuk gigi yang telah terpasang di sekitar tampah. Kacang panjang ini akan berperan jadi tiang pagar tumpeng.

7. Mengambil kacang panjang yang masih utuh, gunting rapi ujungnya, lantas awalilah melilitkan ke seputar pagar dengan berselang-seling, depan-belakang, depan-belakang. Mengakhiri lilitan pas di muka atau di belakang tiang kacang panjang, gunting keunggulannya. Lantas teruskan dari titik yang sama. Demikian selanjutnya. Buat 5 susun pagar, atau 7 susun, atau angka ganjil yang lain. Bukan tahyul loh, hanya nomor cantik saja, huahaha….

8. Sesudah pagar usai, gunting kelebihan tiang kacang panjang agar pagar rapi serta rata.

9. Nah, saat ini tampah telah siap dihuni oleh tumpeng. So far, so good ya? Bagaimana, lanjut? Lanjuuuut..

Mempersiapkan Sayuran Hiasan Ketimun

1. Potong-potong ketimun kira-kira selama 10 cm. Lantas dengan memakai pisau ukir yang memiliki bentuk meliuk seperti arit, awalilah memangkas dari sisi tengah ketimun, membuat mahkota.

2. Selanjutnya potong ketimun di tepian kulit dengan dagingnya, seakan-akan membuat kelopak.

3. Rendam ketimun yang telah cantik ini di di air es sampai merekah.

Cabai Merah

1. Potong menyilang cabai merah ( tidak putus ) , biarlah tangkainya utuh. 2. Rendam di air es sampai cabai merekah.

Mawar Bokcoy

1. Potong sisi pangkal bokcoy kira-kira setinggi 6 cm.

2. Memakai pisau ukir yang sama, awalilah membuat kelopak mawar, dari mulai pelepah bokcoy terluar, bentuk meliuk seperti kelopak mawar.

3. Rendam mawar bokcoy di air es.

Hiasan sayuran ini pasti bisa ditambahkan sesuai dengan hasrat serta ketrampilan semasing.

Membuat Tumpeng Nah, ini ialah pucuk acara, dimana semua elemen tumpeng akan disatupadukan dengan damai dalam tampah yang nyaman 🙂

1. Bikin nasi kuning, atau nasi apapun, dalam cetakan tumpeng yang telah dioles sedikit minyak. Balikkan ke atas tampah

2. Tetapkan sisi depan tumpeng, lantas awalilah membuat lauk pauk. Sisakan ruangan untuk tempat hiasan sayuran. Untuk meningkatkan cantik tampilan, beberapa lauk pauk dapat “diwadahi” oleh sayuran berdaun lebar.

3. Irislah ketimun 1/2 lingkaran tipis-tipis, susun pada terap nasi tumpeng.

4. Awalilah membuat sayuran hiasan. Tancapkan tusuk gigi pada pangkal sayuran hiasan, lantas tusukkan di beberapa tempat yang telah disediakan serta beberapa tempat lain sesuai dengan hasrat.

5. Cihuy.. tumpengnya telah jadi! Lutunaaa.. eh salah, canteknyaaa..

Diantar, Bu? Nah, jika tumpengnya adalah pesanan, harus ditutup plastik bening, agar masih terlindung sepanjang diperjalanan : 1. Tutupkan plastik bening ke seputar tumpeng, kuatkan dibagian bawah tampah dengan selotip besar.

2. Janganlah lupa gunting beberapa lubang untuk tempat keluar uap air.

3. Tumpeng siap diantar ke pemesan. Krincing!! *bunyi duit*

Post a Comment

0 Comments